Cara Mengetahui Subur Tidaknya Seorang Wanita

Cara mengetahui subur tidaknya seorang wanita dilakukan melalui pemeriksaan fisik, dokter juga akan menyarankan pemeriksaan laboratorium. Semua itu dilakukan semata-mata untuk kepentingan pasangan yang hendak memeriksakan dan meningkatkan kesuburannya.

Ingin Membuat Toko Online?

Seorang wanita yang tidak subur biasanya tidak akan diketahui sebelum dilakukan pemeriksaan khusus yang meliputi tes ovulasi dan pemeriksaan organ reproduksi. Sebagian besar kasus wanita infertil disebabkan oleh kedua faktor tersebut.

Dan seperti diketahui, system reproduksi wanita dapat dibagi berdasarkan fungsi utama dari tiap organ yang menyusunnya.

Fungsi utama tersebut antara lain:

  • Produksi dan pematangan sel telur di ovarium;
  • Penghantaran sel telur yang telah matang ke tempat terjadinya pembuahan (ampulla tuba) dan zigot yang dihasilkan ke rahim;
  • Implantasi zigot dan perkembangan embrio hingga menjadi bayi dalam rahim.

BACA JUGA: CARA MEMULAI BISNIS ONLINE

Dengan memahami hal tersebut, prinsip pemeriksaan kesuburan yang dapat dilakukan pada wanita adalah dengan memeriksa baik tidaknya fungsi utama organ-organ reproduksi dijalankan. Dengan demikian, prinsip-prinsip utama pemeriksaan kesuburan wanita adalah:

  • Memeriksa apakah ovarium mampu menghasilkan sel telur matang dan melepaskannya saat ovulasi.
  • Memeriksa ada tidaknya sumbatan dalam tuba.
  • Memeriksa ada tidaknya kelainan dalam rahim yang mampu menghambat terjadinya Implantasi dan perkembangan janin.

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, dokter perlu melakukan pemeriksaan laboratorium. Hasil akhir akan diketahui tingkat kesuburan seorang wanita dan tindakan apa yang harus dilakukan jika wanita tersebut tidak subur.

Kesehatan Sistem Reproduksi Penentu Kesuburan

Seperti diketahui, ketidaksuburan pada wanita umumnya disebabkan karena dua hal yaitu ovulasi yang terganggu atau organ reproduksi tidak berfungsi normal. Jadi untuk mengetahui subur tidaknya seorang wanita, dokter akan memeriksa kesehatan wanita secara umum dan kemudian memeriksa kondisi sistem reproduksi seperti tuba fallopi dan uterus (rahim).

Adanya penyumbatan pada tuba sering menjadi penyebab sperma tidak bisa masuk membuahi sel telur dan menyebabkan infertilitas pad wanita.

Kabar baiknya adalah, para wanita infertil yang disebabkan oleh gangguan tuba tidak perlu lagi kuatir karena teknologi kedokteran yang ada telah memiliki banyak pilihan terapi untuk mengatasi infertilitas yang disebabkan oleh gangguan tuba.

Dokter yang menangani akan memberi pandangan profesionalnya mengenai gangguan anda dan memberi saran yang cocok untuk anda.

Selain gangguan tuba, masalah pada rahim juga dapat menyebabkan ketidaksuburan pada wanita. Kelainan pada struktur rahim tertentu, yang pada umumnya adalah endometrium, dapat menjadi halangan bagi seorang wanita untuk hamil dan memiliki anak.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pada tahap awal kehamilan, embrio akan melakukan implantasi pada endometrium dan terus berkembang selama 9 bulan masa kehamilan. Hal tersebut tidak mungkin terjadi apabila terdapat gangguan endometrium.

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin ada di pikiran kita adalah “Bagaimana cara kita mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada tuba dan rahim?”. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan pemeriksaan khusus bernama Histerosalfingografi (HSG).

Melalui pemeriksaan HSG dokter dapat mengetahui organ mana yang bermasalah dan kemudian mengambil langkah pengobatan.

Nah itu dia cara mengetahui kesuburan wanita. Yuk simak juga Cara Mengetahui Kesuburan Pria

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s